Okupasi Lahan PT LNK Berjalan Tertib.

MebidangNews | Binjai

Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto selaku penanggung jawab pengamanan, turun langsung mendampingi jalannya okupasi atau pembersihan yang dilakukan PT Langkat Nusantara Kepong (LNK) di Desa Nambiki, Kecamatan Selesai, Langkat, Jumat (2/8).

 

Para penggarap tanah HGU Nomor 1 PT LNK tidak menunjukkkan adanya penolakan.Mereka datang baik-baik ke posko pengaduan yang telah dibuat PT LNK.

“Jumlah personel yang kita turunkan merupakan gabungan TNI-Polri yang Polres Binjai, Kodim Langkat, Batalyon Raider, Arhanud dan Brimob sebanyak 375 personel,” ungkap Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri kepada wartawan.

Pantauan awak media ini, sebanyak 8 unit alat berat dikerahkan untuk melakukan okupasi.

Lahan yang mau diokupasi seluas 240 hektare. Ini merupakan lanjutan okupasi yang sempat terhenti, beberapa waktu lalu.

Nugroho menambahkan, proses okupasi berjalan hingga 2 pekan. Sejauh ini, okupasi yang dilakukan belum mendapat penolakan dari masyarakat. Alat berat masih terus bekerja melakukan okupasi.

“Imbauan saya, jangan ada yang memprovokasi untuk mengganggu dan menghambat kegiatan pembersihan langkah ini.

Sebab, pembersihan lahan ini sebelumnya sudah melalui sejumlah langkah-langkah. Seperti mediasi, sosialisasi,” beber mantan Danyon A Pelopor Satbrimobdasu ini.

Bahkan, sambung Nugroho, PT LNK sudah memberikan tali asih kepada penggarap. Karenanya, Nugroho mengajak, agar jangan ada masyarakat yang menolak okupasi.

“Dalam pelaksanaan pembersihan ini, kita mengedepankan persuasif dan humanis. Menjauhi adanya tindakan kekerasan atau bentrok fisik. Apabila masyarakat komplain, silahkan komplain ke posko. Lahan ini secara hukum, sertifikat HGU-nya milik LNK. Jalur hukum sudah dilalui di PTUN. TNI-Polri mengamankan atas nama pemerintah.(Tr/Iting)