Pimpinan DPRD Kota Binjai Yang Bakal Dilantik Masih Belum Jelas.

Mebidangnews | Binjai

Unsur pimpinan DPRD Binjai akan diisi oleh Partai Golkar, PDIP-Perjuangan dan Partai Gerindra. Pasalnya, Partai Golkar meraih 6 kursi yang dipastikan akan mengisi kursi Ketua DPRD Binjai.

Disusul Partai Gerindra 5 kursi sebagai Wakil Ketua I dan PDI-Perjuangan meraih 4 kursi sebagai Wakil Ketua II. Sejauh ini, Partai Golkar dan PDI-Perjuangan sudah mengusulkan nama-nama yang bakal menduduki kursi empuk itu ke Dewan Pimpinan Pusat partai mereka masing-masing.

Ketua DPD Partai Golkar Binjai, Zainuddin Purba menyatakan, partai berlambang pohon beringin ini sudah mengirimkan tiga nama ke DPP. Ketiga nama dimaksud yakni, H Noor Sri Syah Alam Putra, HM Yusuf dan Hj Norasiah.
Ketiganya merupakan anggota DPRD Binjai terpilih periode 2019-2024. “DPD Partai Golkar Kota Binjai sudah menggelar rapat pleno diperluas pada Senin (22/7) kemarin di sekretariat kami. Ketiga nama tersebut merupakan hasil dari rapat pleno diperluas,” kata Zainuddin, Minggu (8/9).

Pria yang akrab disapa Pak Uda ini menjelaskan, sejumlah agenda dalam rapat pleno diperluas tersebut. Salah satu agendanya yakni melakukan musyawarah mufakat terkait menentukan dan menunjuk sosok yang menjadi pimpinan dewan Binjai periode 2019-2024.

Ada tiga indikator dalam menunjuk sosok yang tepat sebagai unsur pimpinanDPRD. Adalah, berpengalaman, berpendidikan dan pengurus harian di partai tersebut.

“Hasilnya nanti dari DPP akan keluar pada tanggal 14 September 2019 ini,” kata Ketua DPD Binjai ini.

Begitu juga dengan DPC PDI-Perjuangan. Partai besutan Megawati Soekarnoputri di Kota Rambutan.

Menurut Ketua DPC PDI-Perjuangan, Muhammad Syarif, pihaknya sudah mengirimkan tiga nama ke DPP untuk menentukan sebagai sosok yang tepat mengisi kursi Wakil Ketua II DPRD Binjai. “Ada tiga nama yang sudah kami kirim ke DPP beberapa waktu lalu. Gim Ginting, M Atan dan saya sendiri. Hasilnya belum keluar dari DPP,” tandasnya.

Sementara itu, Seketaris Dewan DPRD Binjai Putri Syawal Sembiring mengatakan sesuai sesuai masa jabatan DPRD periode 2014-2019 selesai pada 17 September dan pelantikan akan dilaksanakan saat itu juga.

Namun, untuk persiapan pelantikan, Putri menyebutkan masih menunggu SK dari Gubernur Sumut. Dimana ketika SK itu telah diterima baru pihaknya akan melakukan persiapan selanjutnya seperti undangan.

“Kita masih nunggu SK dari Gubernur, kalo sudah baru nanti kita lakukan persiapan-persiapan,” pungkasnya. (Tr/HIN)